SELAMAT DATANG DI SITUS RESMI SD NEGERI 1 CIPUTAT,CREATIF,EDUKATI,RENPONSIF,DINAMIS ,AGAMIS DAN SANTUN

Canva untuk Kelas yang Berkesadaran, Bermakna, dan Menggembirakan



Mewujudkan Pembelajaran Mendalam di Sekolah Dasar

Di tengah tantangan zaman yang semakin kompleks dan tidak menentu, pendidikan dituntut untuk lebih dari sekadar menyampaikan materi. Ia harus menumbuhkan pemahaman, membangun keterampilan hidup, dan menanamkan nilai-nilai yang akan berguna bagi anak dalam menghadapi masa depan. Di sinilah pendekatan Pembelajaran Mendalam (PM) menjadi penting.

PM bukan sekadar istilah baru. Ia merupakan kerangka yang menekankan proses belajar yang berkesadaran, bermakna, dan menggembirakan, mengintegrasikan olah pikir, olah hati, olah rasa, dan olah raga secara utuh. Dan menariknya, pendekatan ini bukan hanya dapat diwujudkan lewat metode besar atau alat mahal—tapi bisa dimulai dari hal sederhana, seperti mengubah cara kita membuat kuis di kelas.


Dari Kuis Tradisional ke Kuis yang Memanusiakan

Selama ini, kuis sering dianggap sebagai momen evaluasi yang tegang. Murid duduk diam, menulis jawaban, lalu menunggu hasil. Tapi bagaimana jika kuis diubah menjadi sesi interaktif yang seru?

Bagaimana jika kuis bisa menjadi pengalaman belajar yang mendalam?

Dengan Canva, guru SD bisa membuat kuis interaktif penuh warna, menampilkan soal dalam bentuk visual, suara, atau tombol klik, dan bahkan memberikan umpan balik langsung secara menyenangkan.

Lebih dari itu, guru bisa menyisipkan konteks kehidupan nyata: gambar jam pagi, anak sarapan, atau kegiatan bermain sore hari—yang membuat anak menghubungkan pengetahuan dengan pengalaman mereka sendiri.

Inilah esensi dari prinsip bermakna dalam PM: pengetahuan bukan sekadar dihafal, tapi dipahami dan diterapkan dalam konteks nyata.

Canva dan Tiga Prinsip Pembelajaran Mendalam

Berkesadaran (Mindful)

Canva memungkinkan guru menyajikan kuis dengan konteks visual dan interaktif yang mengajak anak hadir secara utuh dalam proses belajar. Anak terlibat, fokus, dan menikmati proses—bukan sekadar mengejar nilai.

Bermakna (Meaningful)

Kuis yang dirancang dengan Canva bisa melibatkan pengalaman hidup murid. Soal-soal dibuat agar mereka menalar dan mengaitkan dengan rutinitas mereka: bangun pagi, berangkat sekolah, waktu bermain, dll.

Menggembirakan (Joyful)

Desain visual yang ceria, suara tepuk tangan saat jawaban benar, hingga animasi lucu saat salah menjadikan kuis bukan lagi momen tegang, tapi justru jadi aktivitas yang ditunggu-tunggu murid.

Dengan memadukan ketiganya, kuis interaktif menjadi alat yang bukan hanya mengukur, tapi juga memicu belajar yang mendalam.


Guru sebagai Fasilitator Pembelajaran Holistik

Dalam pendekatan PM, guru bukan sekadar penyampai materi, tapi fasilitator pengalaman belajar. Canva membantu guru:

  • Mendesain kuis yang kontekstual dan visual
  • Menyusun soal yang menstimulasi berpikir kritis, refleksi, dan eksplorasi
  • Menghadirkan suasana belajar yang aman, menyenangkan, dan penuh partisipasi

Canva, yang mudah digunakan bahkan oleh guru tanpa latar desain, menjadi alat bantu untuk menciptakan lingkungan belajar yang mendukung prinsip PM.


Dari Canva ke Pendidikan Bermutu

Canva bukan tujuan akhir, tapi jembatan menuju kelas yang lebih hidup, lebih reflektif, dan lebih manusiawi.

Dalam konteks pendekatan Pembelajaran Mendalam seperti yang tertuang dalam Naskah Akademik resmi Kemendikdasmen 2025, alat seperti Canva bisa menjadi media transformasi pembelajaran di kelas SD.

Karena pada akhirnya, pendidikan yang bermutu bukan hanya tentang berapa banyak yang dipelajari, tapi seberapa dalam pemahaman yang tumbuh—dan itu bisa dimulai dari satu kuis interaktif yang dirancang dengan cinta dan pemahaman akan dunia anak. 

Berbagi