SELAMAT DATANG DI SITUS RESMI SD NEGERI 1 CIPUTAT,CREATIF,EDUKATI,RENPONSIF,DINAMIS ,AGAMIS DAN SANTUN

 

SENJA

oleh: Fitri Nurfika, S.Pd (Guru Kelas 2A SD Negeri 1 Ciputat)

sudah dimuat Azkiya Publishing

Senja di pagi hari memberikanku semangat untuk memulai hariku, memulai aktivitasku.

Dipertigaan di pojok jalan desa berdiri kokoh bangunan tempat menimba ilmu, temapt dimana memulai segala aktivitas rutinku di sekolah dasar (SD) disitu pula tempatku mengabdi dengan setulus hati mengajar dan membimbing siswa-siswi supaya menjadi anak yang sukses dan bermanfaat bagi keluarga dan negara, dari tempat itu aku diberikan begitu banyak pengalaman yang dapat membangun motivasiku untuk dapat lebih maju dan berkembang lagi agar dapat mencerdaskan serta menumbuhkan kreativitas siswa-siswi yang mempunyai pribadi yang berkarakter, bermakna dan menyenangkan.

Disini, ditempat ini keceriaan siswa-siswio saat belajar mencerminkan antusias mereka untuk mendapatkan ilmu pengetahuan.

Keterampilan dan nilai etika Ketika berinteraksi dalam kehidupan sosial mereka, meskipun terkadang di dalam setiap anak mempunyai sifat dann perilaku yang berbeda namun disitulah yang menjadikan suatu kebahagiaan yang mungkin tidak bisa didapatkan diluar lingkunghan sekolah, dan dari situ pula aku tertantang untuk menanamkan nilai-nilai etika yang baik supaya semua siswa-siswi mempunyai karakter dan etika dalam bersosialisasi dengan menggunakan etika yang lebih baik lagi setelah mendapatkan bimbingan dan pengetahuan di lingkungan sekolah khususnya dan pada umumnya di lingkungan masyarakat. Semangat siswa- siswiku dilingkungan sekolah tercermin pada keceriaan mereka Ketika belajar dan bersuka ria berkumpul Bersama teman-temannya.

Namun dua tahun silam musibah Pandemi Covid 19 Melanda dunia dimana semua manusia tidak dapat melakukan aktivat mereka seperti biasanya, sekolahpun ditutup dan kegioatan belajar mengajar juga harus dilakukan dengan cara online / daring.

Dimasa pandemic covid 19, memberikan banyak pengalaman pembelajaran yang berbeda dari biasanya, pengalaman untukku, siswa-siswiku dan juga orang tua murid. Dimasa pandemic covid 19 pembelajaran dilaksanakan secara online dimana peran Ketika mendidik anak membutuhkan Kerjasama antara guru, orang tu dan siswa, dalam pembelajaran online dimasa pandemic covid 19 ini ada kelebihan dan kekurangannya, dilihat dari sisi baiknya pembelajaran daring bagi guru siswa dan orang tua dapat meningkatkan kemampuannya terutama dalam bidang IT, walaupun hal tersebut menjadi sebuah kontroversi terutama di kalangan orang tua murid.

Pembelajaran daring / online menuai kontroversi terutama dikalangan orang tua murid, mereka resah adanya system pembelajaran daring ini karena kebanyakan dari orangtua murid itu berasal dari tingkatan ekonomi menengah kebawah kemudian dari Sebagian masih ada orang tua yang tidak memiliki gadget/gawai serta belum lagi beban kuota yang dinilai cukup mahal. Hal tersebut mejadikan sebuah dilemma baru buat orang tua murid, mereka berpikir apabila anaknya tidak memiliki fasilitas pembelajaran daring/ online mereka takut anaknya akan ketinggalan materi pembelajaran dan cenderung si anak akan malas belajar, tidak hanya itu saja terutama mereka yang tinggal di pedesaan terkadang jaringan internet juga menjadi hambatan bagi guru ataupun siswa.

Hampir dua tahun para siswa-siswi mengikuti system pembelajaran dengan cara daring/online, Ketika kasus pandemi covid 19 mulai menurun di berbagai daerah dari situ mulai diberlakukan aturan baru yaitu PPKM ( pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat) dari aturan tersebut pemerintah mulai melonggarkan aktivitas siswa dengan syarat dibatasi, dan dalam system pembelajaran disini digunakan system luring yakni guru mengunjungi atau memonitoring belajar siswa dengan  cara berkunjung ke setiap rumah siswa dengan tetap mematuhi protocol Kesehatan yang sudah ditentukan.

Banyak kesan yang dapat dirasakan Ketika pembelajaran luring berlangsung, disekolah kami pembelajaran secara luring dilakukan dirumah-rumah siswa dengan cara bergiliran tiap kelompoknya, Ketika itu aku mengajar dikelas 4, setiap pagi secara bergiliran hari bergiliran tempat menelusuri rumah-rumah warga dan membimbing murid-muridku supaya mereka dapat memahami materi pembelajaran dan tanpa mengeluh, ku jalankan tanggung jawab dan kewajibanku, melihat semangat dari murid muridku serta antusias orang tuanya karena sudah dapat melaksanakan kegiatan pembelajaran meskipun dalam kondisi yang seperti ini dan dengan waktu yang terbatas.

Rasa lelahku pun tak terasa, rasa lelahku pun hilang melihat keceriaan murid-muridku melepas rindu dengan teman-temannya karena dapat belajar Bersama, orang tua murid pun menyambut baik kedatanganku kadang kala mereka memberiku jamuan dan bekal makanan untuk ku bawa pulang.

Tak terasa 2 tahun masa pandemic covid 19 telah berlangsung yang telah banyak memberikan kesan dan pengalaman hidup di bidang Pendidikan terutama bagiku harus lebih bersemangat dalam mengajar baik itu daring maupun luring harus terus meningkatkan wawasan dan kreativitas mengikuti perkembangan zaman.

Untuk murid-muridku tetaplah semangat jangan jadikan permasalahan pembelajaran daring dan luring menjadikan penghalang bagi kalian meraih prestasi.


ooOOOoo


Berbagi